Rabu, 02 Oktober 2019

Latar Belakang ISD sebagai salah satu MKDU

1. Latar Belakang ISD sebagai salah satu MKDU

Didalam pendidikan tinggi ada yang namanya Ilmu Sosial Dasar, pelajaran ini merupakan salah satu komponen penting sekaligus komponen mendasar dalam membentuk para mahasiswa agar memiliki Sikap yang Bijak serta Kemampuan Pribadi. Untuk mewujudkan semua itu, maka diperlukanlah Ilmu Sosial Dasar (ISD) sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU).

Kemampuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan memiliki tiga jenis kemampuan yang meliputi :

  • Kemampuan Personal
      Kemampuan Personal adalah kemampuan kepribadian. Dengan kemampuan ini, para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukan sikap, dan tingkah laku, serta tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, memahami dan mengenal nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, dan kenegaraan (Pancasila), serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat indonesia.

  • Kemampuan Akademik
      Kemampuan akademik adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tulisan, menguasai peralatan analisa, kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan analitis, serta mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi dengan memberikan alternatif pemecahannya.

  • Kemampuan Profesional
Kemampuan Profesional adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dengan kemampuan ini, para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.

#~~~~~~~~#

       Selanjutnya, ISD merupakan suatu ilmu pengetahuan, yang menurut Soerjono Soekanto adalah kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis dengan menggunakan kekuatan pemikiran (logika), sehingga pengetahuan akan selalu dapat diperiksa dan diuji secara kritis oleh orang lain.


      Secara umum, ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan dalam 3 kelompok besar yaitu :

  1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ).                                                                                                       Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi.
  2. Ilmu-ilmu sosial ( social scince ).                                                                                                                Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100% benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat ke saat.
  3. Pengetahuan budaya ( the humanities ).                                                                                     
           Ilmu-ilmu pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.

2. ISD (Ilmu Sosial Dasar) dengan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

  • Pengertian ISD dan IPS
- Ilmu Sosial Dasar (ISD)

      Yaitu ilmu yang mempelajari masalah-masalah sosial, khususnya masalah2 yg diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori-teori (fakta dan konsep) yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu2 sosial (Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah).

- Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

      Merupakan ilmu kajian tentang kahidupan manusia sebagai individu sekaligus sebagai makhluk sosial yang berinterkasi dengan lingkungannya. Dengan kata lain bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial memiliki kajian yang sangat kompleks tentang kehidupan manusia dan lingkungannya berserta aspek-aspek kehidupan manusia itu sendiri.

  • Tujuan ISD dan IPS
- Ilmu Sosial Dasar (ISD)
      Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
  1. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
  2. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menggulanginya
  3. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbil dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya) secara kritis.
  4. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
- Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
      Sebagai salah satu dari mata pelajaran wajib dalam pendidikan di tingkat dasar maupun tingkat atas, Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan agar : 
  1. Mengajarkan konsep-konsep dasar Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah, Kewarganegaraan, dan Psikologis.
  2. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta dapat memecahkan masalah yang ada dalam lingkup sosial
  3. Membangun komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan 
  4. Meningkatkan kemampuan bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, baik secara Nasional maupun Global.
  • Perbedaan ISD dan IPS
  1. Ilmu sosial dasar diberikan di perguruan tinggi, sedangkan IPS diberikan di SD hingga SMA
  2. ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan IPS terdiri dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
  3. ISD diarahkan untuk pembentukan sikap, sedangkan IPS diarahkan untuk pembentukan keterampilan.
  • Persamaan ISD dan IPS
  1. Dua-duanya merupakan bahan studi untuk pendidikan
  2. Dua-duanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri 
  3. Dua-duanya punya materi yang berasal dari masalah dan kenyataan sosial
3. Kesimpulan

Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah suatu program pelajaran yang dikembangkan di perguruan tinggi. Pengembangan Ilmu Sosial Dasar ini sejalan dengan memperluas pengembangan ide dan pembaruan sistem pendidikan yang bersifat dinamis dan inovatif. Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah ilmu-ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah social yang berkembanag dalam kehidupan masyarakat






Daftar Pustaka
1. https://ismieayu.wordpress.com/2012/10/02/isd-sebagai-salah-satu-mkdu/
2. https://www.padamu.net/hakikat-dan-tujuan-pendidikan-ilmu-pendidikan-sosial-ips
3. https://www.silabus.web.id/pembelajaran-ips/
4. https://ahmadtaufiqcaesar.wordpress.com/3-2/
5. http://alvendraihza.blogspot.com/2016/10/v-behaviorurldefaultvmlo.html
6. https://ervannur.wordpress.com/2010/09/26/isd-sebagai-salah-satu-mkdu/

0 komentar:

Posting Komentar